SBY Diberi Gelar "Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat gelar 'Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi'. Gelar ini diberikan atas peran besar SBY memajukan koperasi di Indonesia.

Anugerah dalam bentuk selempang itu diberikan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Syarief Hasan dan Ketua Dewan Koperai Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid dalam puncak acara Peringatan Hari Koperasi ke-67 di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara, Selasa (15/7/2014).

Syarief Hasan mengatakan, pemberian gelar itu diberikan karena sumbangsih SBY yang besar dalam mengembangkan perkoperasian di Indonesia.

Jumlah koperasi, keanggotaan koperasi maupun modal uang yang digulirkan kepada koperasi meningkat pesat semasa pemerintahan SBY. Selain itu koperasi Indonesia juga berkiprah di tingkat internasional.

Dalam sambutannya, SBY menyoroti tentang pentingnya koperasi untuk tumbuh dan berkembang. Koperasi merupakan tonggak perekonomian yang penting.

"Koperasi tetap relevan dan penting sepanjang masa," kata SBY.

Sebagai negara dengan ekonomi teresar ke-10 di dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup menggembirakan. Namun pertumbuhan ekonomi itu, kata SBY, jangan sampai hanya dinikmati sebagian orang, melainkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Ada empat hal yang pokok yang akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi itu. Pertama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang harus tumbuh dan berkembang.

Pertumbuhan BUMN akan menciptakan lapangan kerja, dan pembayaran pajak. Pajak itu penting karena merupakan 70 persen sumber penghasilan negara.

Aspek kedua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus tumbuh dan berkembang, sehingga kesejahteraan rakyat akan semakin merata. Ketiga, koperasi yang jelas-jelas membawa manfaat bagi anggotanya.

Keempat, pemerintah harus tetap mengasuh, mendorong dan memajukan koperasi.

source : detiknews

 

0/Post a Comment/Comments

Recent Posts

Ads2