Tips Menghemat Keuangan Setelah Lebaran

 

Berikut beberapa tips untuk menghemat keuangan setelah lebaran :

1. Mencatat Pengeluaran

Ketika kamu mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan, usahakan selalu mencatat nominal dan kegunaannya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui ke mana dan untuk apa uang kamu dikeluarkan. Kamu juga dapat menekan rasa ingin berbelanja dengan cara ini.

2. Membatasi Pengeluaran

Kamu dapat menekan pengeluaran dengan cara membatasinya. Bisa diambil contoh, kamu menetapkan nominal angka untuk kebutuhan sehari maupun sebulan sekaligus. Dengan begitu, kamu jadi berpikir untuk tidak berbelanja di atas nominal yang kamu tetapkan. Kecuali jika ada kebutuhan darurat.

3. Mengutamakan Kebutuhan Pokok

Mengutamakan kebutuhan pokok merupakan tips hemat setelah lebaran berikutnya. Usahakan selalu memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Kamu dapat mengutamakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, pangan, maupun kebutuhan mandi seperti sabun, pasta gigi dan produk kebersihan lainnya.

4. Mengurangi Kegiatan Online

Di zaman modern seperti sekarang, alangkah baiknya kamu membatasi kegiatan Online. Selain penting untuk kesehatan mental, membatasi kegiatan Online juga menjadi cara untuk menekan keinginan berbelanja berbagai produk yang ditawarkan via Online.

5. Selalu Membawa Bekal

Dengan membawa bekal, kamu dapat mengurangi pengeluaran yang cukup signifikan. Harga seporsi makanan dan minuman cukup lumayan apabila kamu jumlahkan dalam kurun waktu tiga puluh hari. Itu sebabnya hal ini bisa menjadi cara berhemat yang dianjurkan.

6. Jualan

Dengan berjualan, kita dapat memulihkan kembali kondisi keuangan pasca lebaran. Melalui canggihnya teknologi, kamu dapat menjajakan dagangan secara Online. Tak hanya makanan, kamu dapat menjajakan baju, buku, perabotan rumah tangga, produk kecantikan, atau apa pun.

Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak kenalan atau yang dusebut dengan dengan relasi, sudah pasti jualan kamu akan berkembang dengan cepat. Namun, saat berjualan terapkan juga strategi agar produk yang dijual memiliki ciri khas tersendiri bagi para calon pembeli, tentunya ini akan menjadi daya Tarik tersendiri.


0/Post a Comment/Comments

Recent Posts

Ads2