Kopkar YI Menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023


Pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 bertempat di Ruang Walnut PT. Yamaha Indonesia diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia tahun buku 2023. Rapat yang dipersiapkan oleh tim SC (Steering Comittee) dan OC (Organizing Committee) merupakan akhir dari rangkaian kegiatan RAT yang dimulai dari bulan 16 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus, pengawas, DPA (Dewan Perwakilan Anggota), penasehat Bp. Edy Suwignyo dan undangan diantaranya Bp. H.Samsudin DS selaku direksi PT. Yamaha Indonesia, Bp. M. Sofyan selaku Ketua SPLEM SPSI PT. Yamaha Indonesia, Bapak Sumariyanto dan Purwantomo dari Puskopkar DKI Jakarta, Bapak Boy Ismanto dan Anthony Oktomene dan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta.





Agenda rapat yang dipimpin oleh 5 orang pimpinan rapat dari SC dan OC ini adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban dan keuangan dari pengurus dan pengawas, serta pembahasan rencana program kerja tahun buku 2024. 

Bapak Sumariyanto selaku ketua Puskopkar DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kopkar YI yang terus berkembang walaupun di saat banyak Kopkar yang mengalami kerugian di masa-masa pandemi sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut juga beliau menjabarkan rencana digitalisasi sama seperti Kopkar YI yaitu meluncurkan website dengan alamat www.puskopkar.dki.


Selanjutnya Bapak M. Sofyan selaku Penasehat Kopkar YI dan juga Ketua PUK SPLEM SPSI PT. Yamaha Indonesia dalam sambutannya menitipkan pesan kepada Pengurus Kopkar YI agar mengoptimalkan keuangan, khususnya agar meminimalisir "dana mengendap" dalam bentuk piutang usaha agar dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha yang lebih menguntungkan yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan anggota.


Acara dibuka oleh Bapak H. Samsudin D.S. selaku penasehat Kopkar-YI dan juga Direksi PT. Yamaha Indonesia. Sebelumnya beliau menyampaikan agar Kopkar YI memiliki inovasi usaha khususnya menghadapi kondisi perusahaan PT. Yamaha Indonesia yang sedang mengalami penurunan produksi yang tentunya berdampak terhadap Kopkar YI. Dan salah satu yang ditekankan adalah pemanfataan teknologi informasi dalam pengelolaan koperasi di era digitalisasi saat ini.


Bapak Ponimin selaku Ketua Pengurus Kopkar YI dan Bapak Tariman selaku Bendahara Pengurus Kopkar YI dalam laporannya menyampakan kondisi organisasi dan keuangan selama tahun buku 2023. Banyak hal yang sudah tercapai walaupun masih ada juga yang belum terealisasi, dimana dalam pelaksanannya sangat membutuhkan kerjasama yang baik dan peran serta pengurus, pengawas, DPA dan tentu saja anggota. 

Penyampaian laporan Pengawas Kopkar YI atas pelaksanaan program kerja selama tahun buku 2023 disampaikan oleh Bapak Sunaryo Condro dan Bapak Rudi Haryanto. Selama tahun 2023 pengawas menyampaikan apresiasi atas kinerja pengurus, walaupun ada beberapa catatan agar melakukan perbaikan di beberapa bidang, khususnya dalam bidang keuangan untuk lebih mengendalikan biaya dan wacana untuk pengembalian sebagian simpanan anggota.

Dalam rapat kali ini juga dilaksanakan Rapat Komisi untuk pembahasan rencana program kerja untuk tahun buku 2024. Ada 3 bidang yang direncanakan yaitu bidang organisasi dan pengembangan SDM di Rapat Komisi A, bidang keuangan di Rapat Komisi B, dan bidang pengembangan usaha di Rapat Komisi C. Hasil pembahasan rencana program kerja disampaikan oleh masing-masing Ketua Rapat Komisi dan disepakati dalam Rapat Pleno sebagai acuan pengurus untuk dilaksanakan di tahun buku 2024.

0/Post a Comment/Comments

Recent Posts

Ads2